Mahasiswa yang Meng"angka"kan dirinya

Awkay…pagiku sepi…ga ada ibu siy di rumah yang biasa nyeramahin tiap mo balik ke Semarang
1,5 jam berikutnya aku habiskan dengan mendengarkan “Hold You Down”nya J-Lo (sengaja direpeat terus sampe suaranya J-Lo jadi serak…suka sech…)sampe ketiduran di bus…(diliatin cewek di sebelah…bodo amat….)

Nyampe kampus langsung responsi HSB (Hukum Surat Berharga). Nyaris sepanjang responsi yang 30 menit itu aku ketawa cekikikan tanpa suara….sampe si Pipit bingung…dikiranya aku kesambet…
Aku : *ckikikan tanpa suara sambil nutupin mulut*
pipit : apaan sech rei?
aku : *ckikikan tanpa suara sambil nutupin mulut*
Pipit : kenapa sech?tuh dikerjain responsinya…
aku : * tetep ckikikan tanpa suara sambil nutupin mulut*
pipit : aneh..
Beberapa menit kemudian baru aku diem…konsen ngerjain HSB yang yah…alhamdulillah…masih bisa ngarang…hehehe….

Anyway…ada cerita apa di balik ketawa cekikikanku yang tanpa suara itu…?
ehm…jadi ceritanya pas soal dikasih,Lembar jawaban dibagi and perintah untuk memasukkan semua catatan telah diberikan…aku ngeliat beberapa orang anak yang duduk di barisan depanku sibuk ngeluarin semua jurus untuk membuka catatan..ada yang pura-pura ngambil alat tulis di tas…ada yang pura-pura benerin tali sepatu…hah…ga tahu kenapa semua itu berasa lucu aja… ataw mungkin itu semua jadi lucu karena dilakuin oleh mahasiswa-mahasiswa yang disebut-sebut terancam lulus cum laude??mahsiswa dan mahasiswi ber IP nyaris sempurna…?? ataw karena sebelum mulai responsi aku sempet mikir “Damn…aku sama sekali ga siap ngehadepin responsi..gila aja..baca materinya aja belum...”tapi ternyata kaya’nya i’m not the one dech…

ataw… ketawa tanpa suaraku mungkin lebih tepat disebut tawa miris…miris ngeliat kenyataan…
kenyataan bahwa di luar sana banyak mahasiswa yang sampe sekarang belum lulus karena IPnya masih pas-pasan dan IPnya yang pas-pasan itu karena orang-orang yang IP tinggi mendapatkan IPnya dengan cara yang ga baik…?. aku termasuk mahasiswa dengan IP pas-pasan…baru 2,6 IPKku…but i’m okay with that…okay coz i know exactly cara apa yang orang-orang itu pakai. Aku mungkin bisa menguasai materi…tapi ketika jawabanku diadu dengan jawaban yang kalimat-kalimatnya persis dengan catatan yang dikasih dosennya..jelas kalahlah… well…yah…walopun emang ga semua orang kaya’ gitu…

yang aku masih ga ngerti..buat apa nilai itu?!?buat apa mereka ngelakuin hal kotor kaya’ gitu…hanya demi nilai???c’mon…

Anak-anak SMA protes karena hasil pendidikan mereka selama 3 tahun hanya dinilai dengan angka yang mereka hasilkan selama 3 hari (UAN).Siapa yang harus disalahkan?karena nyatanya semua hal di negara ini nyaris dinilai dengan angka…bukan proses…

ada falsafah ato apalah namanya yang selalu dipegang oleh mayoritas pendaki… “Puncak hanyalah efek samping dari mendaki. karena yang dibilang bener-bener mendaki…adalah proses…setiap jengkal yang kita tapaki,setiap keringat,setiap keluhan,setiap tarikan nafas,setiap lelah yang kita rasa…itulah intinya

1,2,3,4,5,6,7,8,9….afterr all bukankah itu hanya sederetan angka…?ukan apa yang benar-benar ada di pikiran kita..ada di diri kita…ato bahkan hanya sekedar pernah ada di otak kita????

Hidup tu proses,ketika semua proses itu bisa aku jalani…entah kenapa tujuan dan mimpi jadi ga penting lagi. kita makan untuk supaya kenyang,tapi jika makanan langsung bisa kita masukkan kedalam perut tanpa melalui mulut,tenggorokan dan usus…bisakah kita merasakan nikmatnya?

Advertisements

One thought on “Mahasiswa yang Meng"angka"kan dirinya

  1. cool like a pool! aku sepemikiran dengan kamu mbak! semua tahap pendidikan kita terlalu menggunakan skala 1-4, 1-10, 1-100. padahal bener banget hidup itu adalah proses, bukan hanya sekedar judgement angka, ada faktor luck, ada faktor-X, faktor relasi, dan faktor externalitas lain yang bener2 ga bisa diukur sama angka. nyatanya kalo mahasiswa ber-IP 4,00 kalo dia ga bisa menjaga hubungan baik dan komunikasi dengan orang gimana dia bisa maju?and guess what? karena pendidikan kita selalu mengukur dengan angka, akhirnya jenjang karir kita juga diukur dengan angka (yang gak beres), mau jadi polisi? skala 10-40jt lah. mau jadi PNS? yaaaa, sekitar 5-25jt lah, mau selamat dari jeratan hukum? hmmm itu tergantung kasus anda… 🙂salam kenal yah, kapan2 main ke dennyekop.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s