TERMEHEK-MEHEK Part 1 (ADHILA KHALIFATULLAIL)

Banyak orang pernah datang dalam hidupku. Sebagian bertahan dan sebagian pergi. Yang jelas…semua mereka ninggalin jejak. Satu yang telah pergi and ninggalin jejak bgt adalah seseorang bernama lengkap Adhila Khalifatullail,lahir 13 April 1990,hobinya maen biola and suka makan cokelat (hufh…ga penting bgt sech…)
“Dila” begitu temen-temen and keluarganya biasa manggil dia,tapi kalo aku…tanpa dia sadari kalo lagi ngobrol aku sering bgt manggil dia “Gila” dengan huruf “G” yang disamarkan…kalo ketahuan dia pasti langsung dengan sebelnya yang dibuat-buat bgt…”idih…apaan sech…namaku kan bagus….”. Aku kenal dia waktu kebagian job ngisi MOS di sekolah (Music Player yang aku puter gi mainin lagu “At Your Side”nye The Corrs….lagu yang pernah aku nyanyiin buat dia…”I’ll be at your side…you don’t need to worry,together will survive…through the haste and hurry…..). setelah itu kita sering ketemu and SMS an…cerita banyak hal atau bahkan cuma sekedar nanya “how was your day?”. Tempat favourite kita berdua…Perpus. hampir tiap hari selama setahun terakhir aku di SMA tiap istirahat aku habisin di perpus dengerin cerita and curhat-curhatannya. dia sering ngeluh tentang perhatian orangtuanya yang kaya’nya cuma ke adek-adeknya aja…ngeluh tentang gimana ortunya yang dia rasa ga adil ngasih tanggung jawab antara dia dan adek-adeknya.

20 Januari 2006,waktu aku bilang “kamu jadi adekku aja ya?mau ga?”and resmilah kita sejak hari itu jadi kakak and adek… dia manggil aku “teteh”,biar ketahuan kalo dia punya darah sunda and biar keliatan juga bedanya dia dengan adek-adek kelasku yang lain yang manggil aku “mba” ato “kak” karena dia bukan adek kelas biasa…dia spesial…itu alasannya waktu aku tanya kenapa dia keukeuh mo manggil aku “teteh”,sementara dia aku panggil “DD”(baca:DiDi) untuk singkatan dari De’ Dila (tapi akhirnya kalo aku panggil De’ aja dia ga terima…maunya dipanggil DD terus…alasannya sama…biar beda…karena dia spesial…and have to admit it…she’s special),tolol kaya’nya..but itulah kami…waktu itu…

Sampe suatu hari aku kenal cewek yang akrab disapa “TJ”,adek kelas juga dari kelas yang berbeda dengan DDku. Mereka berdua sama-sama anak pertama di keluarganya…tapi sifatnya beda bgt. TJ jauh lebih dewasa dari DD *semua nama kok pake inisial..jadi kaya’ berita kasus pemerkosaan….apalagi kalo ditambahi keterangan “bukan nama sebenarnya” hehehe….*. Tertarik dengan sifatnya yang dewasa and mandiri and rumahku yang sekompleks juga ma dia,aku jadi dekat ma TJ. Dari obrolan-obrolan and SMS ma TJ aku juga tahu kalo dia adalah orang yang ga percaya bahwa “persahabatan” itu ada. Usut punya usut…ternyata dia pernah disakitin ma orang-orang yang dia anggap SAHABAT di SMP dulu.And sejak saat itu aku janji aku bakalan tunjukin ke dia bahwa SAHABAT itu bener-bener ada. Yang ga aku tahu adalah…TJ itu adalah MUSUH nomor 1 DDku!!!”jreeeeng…jreeeeng…..”(*dengan efek petir menyambar-nyambar ala sinetron*). Ga pernah jelas duduk permasalahannya, yang jelas DD ga suka aku deket ma TJ. Aku inget DD pernah bilang “aku ga perlu cerita kenapa…pokoknya kalo teteh deket ma dia…itu bakalan nyakitin aku,please…” waktu itu kebetulan kita lagi ngobrol di perpus and TJ lewat sambil senyum gitu ke aku. Yah…waktu itu sech aku ga ngaggep serius omongan dia…aku pikir paling juga masalah anak SMP and aku ga perlu terlibat di dalamnya. Sampai beberapa bulan kemudian (setelah aku lulus dari SMA)dan udah deket bgt ma TJ…suatu malam (*bahasanya novel bgt….*)DD telp aku sambil nangis-nangis (sumpah….!!!!aku paling ga bisa kalo tahu ada orang nangis…apalagi gara-gara aku…)mohon aku buat ga berurusan lagi ma TJ. sumpah…!!!aku bingung harus bagaimana…di satu sisi aku udah ngejanjiin “persahabatan” ma TJ…tapi aku ga tega juga DD ngomong kaya’ gitu …biarpun dia ga cerita jelas kenapa…pokoknya dia nyebut-nyebut kalo dia ga mau untuk ke sekian kalinya orang yang dia sayang direbut ma TJ (jadi dulu tu mereka sahabat akrab bgtt…trus ada masalah gitu…yang aku ga tahu apa…pokoknya BUKAN rebutan cowok…)hah…WTF lah…malam itu aku benar2 bingung…

Sampe akhirnya suatu hari dia bilang “kita udahan ajah…(*kenapa orang sunda selalu menambahkan “h” pada akhiran kata?*)ga ada teteh,ga ada DD,panggil aku dila ajah…temenan biasa ajah…”. Damn…!!!waktu itu sempet mikir juga “Kok jadi kaya’ orang pacaran?ada jadian and putusnya segala?”. beberapa lama aku sempet lost contact ma dia…karena aku juga ga tahu harus nanggepin gimana. Setelah itu aku sempet sms-sms dia masih nyapa-nyapa and nanya-nanya kabarnya…tapi berbulan-bulan ga pernah ada tangapan dari dia. And ketika akhirnya dia SMS dia bilang “kalo mba’ bener-bener sayang ma aku…tolong jgn hubungi aku lagi karena itu Cuma nyakitin aku…please…”…Anjing!!!!!dah kaya’ orang pacaran kan?Tapi justru fakta bahwa kami bukan pacar (c’mon….aku masih doyan bgt ma cowok….)yang bikin aku ga terima hubungan kami berakhir kaya’ gini…dua orang saudara ga boleh berakhir seperti ini… Dan itulah yang sampe saat ini masih aku lakuin…begging her…ga tahu sampe kapan…aku masih berharap keadaan menjadi lebih baik…masih sering sms dia…sekedar bilang “I do miss my DD and the time we’ve spent together…” ato “can somebody tell me how to get things back the way that used to be?”.

Aku sering mikir aku masih punya Tj yang notabenenya ade’ku juga,kita sering ngobrol juga….tapi aku salah…TJ bukan DD and ga akan pernh bisa ngegantiin DD. I do miss her…kangen semua cerita dia…kangen cerewet-cerewetnya dia…kangen dia..

dia yang bandel…dia yang bawel…dia yang manja…dia yang bikin aku sebel…

tapi dia juga yang bikin aku ngerasa penting…semua curhat2anya,semua keluh kesahnya…tangisnya…sms-sms ga pentingnya…semua itu yang bikin aku ngerasa penting…ngerasa ada yang bener-bener butuh aku…ngerasa aku bener-bener jadi manusia yang berguna buat orang lain…

Aku sering bilang dia manja,dia ga dewasa,childish…tapi apa aku pernah bilang aku ga sayang ma dia????

Smpe sekarang TJ sering nyalahin dirinya atas apa yang terjadi ma aku and DD,tapi ini bukan salah dia…bukan salah DD juga…ga ada yang bisa disalahin…

DD cuma capek jadi anak pertama,jenuh dengan tanggung jawab sebagai kakak,dia cuma pengen punya seseorang yang bisa jadi “kakak” buat dia…orang yang bakalan denger semua ceritanya…selalu ada buat dia…seseorang yang bisa dia miliki hanya untuk dia. Masalahnya adalah…aku ga bisa jadi orang itu…aku bisa jadi pendengar yang baik…aku bisa selalu ada kapan pun dia butuh…tapi aku ga pernah bisa mengakui seorang pun sebagai pemilikku…aku yang ga mau terikat ma siapa pun…aku yang terlalu angkuh karena mengira bisa memberikan persahabatan buat semua orang…apa itu berarti aku yang salah???

buat DD yang mungkin ga akan pernah baca blog ini…(TD apa kabar?.DT masih selalu ikut aku…Juli nanti aku ajak dia ke Lawu),puluhan,ratusan bahkan mungkin lebih orang yang manggil aku “mba’,kak,sista…” tapi ga akan bisa gantiin satu “teteh” dari kamu…

and do you remember this?

I will be there…….
If one day you feel like crying…
Call me.
I don’t promise that I will make you laugh,
But I can cry with you

If one day you want to run away–
Don’t be afraid to call me.
I don’t promise to ask you to stop…
But I can run with you

If one day you don’t want to listen
to anyone…
Call me.
I promise to be there for you.
And I promise to be very quiet.

But if one day you call…
And there is no answer…
Come fast to see me.
Perhaps I need you.

coz when i have unsolved problem…
there’s nothing more i want than you to be my side.

p.s : DT tu boneka Teddy Bear yang dia kasih ke aku dengan pesan “selalu bawa DT kemana pun teteh pergi”. and TD boneka lumbalumba pink yang aku kasih ke dia. Nama DT and TD diambil dari “T”eteh and “D”D dan sebaliknya.

kartu ucapan yang aku desain sendiri yang ga sempet aku kasih ke dia…

DT di puncak Merbabu,satu yang masih tertinggal

cherish everything that you have today,coz you have no idea…when will it go
after all…seorang erin,rei…atau siapalah namaku…aku hanya manusia biasa yang ga mungkin ngejanjiin persahabatan untuk semua orang,sometimes i have to choose
Leave a Reply

