Tentang Doa dan Pengabulannya

Tiap kali nongkrong di warnet buat nyari bahan tugas kuliah,posting blog ato sekedar nongkrongin penjaga warnet yang cakep *hehehe…* aku pasti sempetin buka-buka blog orang,entah dibaca di situ ato dicopy dulu trus dibaca di komputer sekre *hihihihi..prinsip hemat…*. banyak hal menarik yang bisa aku baca dan akhirnya belajar dari pemikiran orang-orang itu. Salah satu yang menarik and jadi inspirasi buat nulis postingan kali ini adalah Blog punya Jean yang manggil aku Bung Rei,Om Rei..dan entah panggilan apalagi yang semakin membuat aku bingung dengan genderku *ok rei…lain kali aja kalo mo curhat..hehehe….* tapi ga papa lah…terserah loe dech Badut Ancol loe mo manggil apa. di postingan dia yang ini ada kalimat…

Kalo gw doa malem, besoknya gw kena sial. Telat bangun, ga bawa PR, lupa bawa kaos kaki, bad hair day, muncul jerawat, dimusuhin temen ga jelas, dimarahin guru.. adaaaa ajaaa..

Kalo gw gak doa. Justru secara tiba tiba gw dikasih tau masuk calon scholar.

Yah gw gak bisa numbalin Dia juga, gw cm gak ngerti. Kenapa sih Dia ga pernah merhatiin gw? Gw bingung banget. Mau doa takut sial, gak doa gw ngerasa Kristen KTP banget.

hehehe…baca kalimat itu bikin aku senyum-senyum…inget betapa dulu saat masih muda *hoek…umur 20 aja dah ngomong kaya’ gitu loe Rei…* aku pernah bahkan sering punya pikiran kaya’ gitu. pertanyaan “apakah Tuhan itu benar ada?kenapa kalo aku rajin ibadah dan berbuat baik..berdoa…aku malah kaya’nya sial terus. Tapi kalo aku ga sholat…ga berdoa…justru banyak hal baik yang aku alami?”,bahkan karena itu aku sering apa yang aku sebut “marahan ma Tuhan”, moment dimana aku ngerasa bentar lagi aku bakalan jadi orang yang ga percaya Tuhan. Dulu aku ngerasa apa aku ga normal ya punya pikiran kaya’ gitu? dan sekarang aku yakin aku normal,karena hal-hal yang dulu aku pikir cuma aku aja yang ngalamin ternyata sekarang satu per satu aku tahu kalo orang lain juga nglamin itu.


Tentang Doa dan pengabulannya…

Entah karena usiaku yang sekarang dah nambah ato apa…aku belajar tentang ini…

Bahwa terkadang kita berdoa dan beribadah tapi justru hal-hal buruk yang terjadi. Ketika kita memaki-maki dan mempertanyakan kehadiran Tuhan justru hal-hal baik dan keberuntungan yang kita dapatkan. Kadang memang pendekatan diri ke Tuhan dan doa-doa yng kita panjatkan tidak segera mendapatkan jawaban ato berjalan seperti yang kita inginkan. Tanpa kita sadari bahwa mungkin yang kita ingini bukanlah yang terbaik untuk kita di mata Tuhan. Ato mungkin Tuhan menunggu waktu yang lebih tepat untuk mengabulkan doa kita.Ato Tuhan cuma ingin kita belajar untuk sabar…?

Pas ngobrol di telp ma si Badut Ancol itu aku bilang “jalani aja apa yang kamu yakini. kalo menurut kamu berdoa itu justru mendatangkan hal buruk di hidup kamu…kamu ga perlu lagi berdoa,ga da yang berhak maksa kamu. Tapi kalo emang kamu masih percaya bahwa berdoa itu adalah sesuatu yang baik…kenapa kamu harus memusingkan apa yang dihasilkan oleh doa-doa itu untuk hidupmu?”.

Karena itulah pelajaran yang aku ambil dari “permusuhan dengan Tuhan” dulu. Aku marahan dengan Tuhan…berhenti berdoa dan menjauhkan diri dari Tuhan. Sampe akhirnya aku sadar. Doa mungkin ga akan langsung membuat semua yang aku inginkan menjadi ada,bahkan mungkin dengan doa justru hal-hal buruk yang aku alami. Tapi satu hal yang selalu pasti…”Doa selalu membawa damai di hati”. kedamaian yang ga pernah aku rasain ketika jauh dari Tuhan,kedamaian yang ga aku rasain bahkan ketika semua yang aku inginkan terpenuhi. Tapi ketika berdoa jiwaku berasa terisi…meskipun tidak jarang doa itu tidak terkabul ato bahkan hal-hal yang lebih buruk yang terjadi. Sejak itu yakin…Tuhan mungkin tidak selalu mengabulkan…tapi Dia pasti mendengar doa-doaku.

p.s : Cerita dan foto-foto pendakian Lawu besok-besok yah… yang pasti seru…dan keseruan itu meninggalkan jejak berupa sakit di seluruh badan dan pincang di kaki *sumpah..gue dah kaya’ orang cacat mondar-mandir di kampus…*

p.s lagi : jeannie…gue punya oleh-oleh buat loe dari perjalanan gue ke Lawu…!!!

2 thoughts on “Tentang Doa dan Pengabulannya

  1. kan Allah bilang: “Aku adalah prasangka hambaKu”, maksudnya… kalo minta apa2 itu harus yakin, lalu ikhtiar dan terakhir pasrah sama keputusanNya =)

  2. Yeah, Tuhan pasti denger do’a kita, ko Rei..no doubt about it..pernah denger ttg ini, ga? ” Allah it malu kalau tangan hamba-Nya yang menengadah dibiarkan kosong tanpa hasil” (terjemahan bebas) Jadi yakin aja klo do’a kita bakal dikabulkan meskipun kita tdk tau, dikabulkannya di dunia ato d “dunia lain”..Keep praying !!(Ve)

Leave a Reply

