Klasifikasi Mahasiswa

aSaat ujian seperti ini mahasiswa di kampus-kampus (terutama di kampus saya …tempat riset ini berlangsung) terbagi menjadi beberapa kelas,yaitu :

Kelas A
Terdiri dari mahasiswa-mahasiwa yang sudah siap lahir bathin untuk menempuh ujian. Materi-materi sudah dihafalkan dengan sangat cermat dan detail. Sesaat sebelum ujian biasanya dijadikan “radio” bagi teman2nya…teman2nya meminta dia menghafalkan dengan suara keras semua materi sementara mereka menyimak. Saat ujian sudah pasti mahasiswa-mahasiswa seperti ini akan terlihat sangat tenang untuk kemudian jadi mahasiswa paling awal yang meninggalkan ruang ujian. Contoh konkrit dari mahasiswa ini adalah seorang teman bernama Margareth Novita dan (tentu saja) Mia.

Kelas B
Mahasiswa yang menyiapkan diri beberapa hari sebelum ujian dimulai. Melengkapi catatan dan mencari kisi-kisi soal adalah ritual dari mahasiswa kelas B. Sesaat sebelum ujian mereka akan “menghangatkan” kembali ingatan dengan mendengarkan “radio” yang dikumandangkan oleh mahasiswa kelas A. Saat ujian mahasiswa-mahasiswa kelas B ini akan terlihat tenang dengan sedikit gerakan-gerakan aneh yang menandakan mereka sedang berfikir. 10 menit setelah mahasiswa kelas A keluar…mahasiswa kelas B akan menyusul. Contoh terdekat adalah Pipit dan Niken.

Kelas C
Mahasiswa yang termasuk dalam kelas C ini tidak jauh beda dengan mahasiswa kelas B,melengkapi catatan dan menyiapkan materi beberapa hari sebelum ujian dimulai. Bedanya pada saat mengerjakan ujian “gerakan aneh” yang mereka timbulkan sedikit lebih ekstrim daripada mahasiswa kelas B. “gerakan aneh” itu bisa berupa membanting alat-alat tulis atau gerakan garuk-garuk kepala yang sangat ekstrim. Contohnya adalah Yayuk *yang ketika dikonvirmasi ternyata ditengah kebingungannya mengerjakan ujian Yayuk masih sempat membanting tipe-x nya karena penasaran seberapa besar tenaga yang diperlukan untuk memecahkan benda malang tersebut* dan Randa *belum sempat dikonfirmasi apa alasan dibalik adegan garuk-garuk kepala yang berisiko tinggi menimbulkan kebotakan dini itu*.

Nah…lalu dimanakah letak saya?. Saya berada di klasifikasi mahasiswa kelas D.

Kelas D
Mahasiswa yang masih sempat tidur larut karena bergossip dan ngerumpi pada malam sebelum ujian Catatan dan tugas akan dilengkapi sehari sebelum ujian *dengan memanfaatkan jasa fotocopy* hanya demi alasan “jaga-jaga kalo-kalo ujiannya Open Book”. Ikut mendengarkan “radio” sesaat sebelum ujian hanya untuk mengenali sejauh mana pengetahuan si “radio” ini dan untuk mengetahui apakah si “radio” ini bisa diharapkan untuk memberikan jawaban saat ujian. Tidak ada gerakan aneh yang mahasiswa Kelas D timbulkan,karena pada saat mahasiswa Kelas C melakukan “gerakan aneh” mahasiswa Kelas D justru sedang dengan asyiknya tertidur. Mahasiswa Kelas D ini akan meninggalkan ruang ujian paling belakangan dengan senyum-senyum nista yang diharapkan dapat menutupi kesedihan hatinya.

p.s : “gerakan aneh” yang ditimbulkan oleh Mahasiswa Kelas C bisa jadi sebagai bentuk penarik perhatian supaya mahsiswa kelas A atau B melihat padanya dan merasa iba untuk kemudian membagi jawaban.

Jadi…di kelas manakah anda berada?A,B,C?atau mungkin D menemani saya?

Advertisements

4 thoughts on “Klasifikasi Mahasiswa

  1. hmm…whahahahaa…kalo gue dan separo dari isi kelas masuk kelas E.karena dari kelas A,B,C,D gak ada yang bisa ngegambarin keadaan ujian semester (MID=UAS).jadi ginii…dikelas kita punya prinsip “posisi Menentukan Prestasi”dan ujian dikampus gue=berhenti bangun siangato lo bakal duduk paling depan dan gak bisa melakukan sesuatu pada lembar jawaban lo.hahahahaa…dan bener aja, org2 yang kalo kuliah biasa datengnya adalah 15menit setelah dosen masuk akan datang satu jam sebelum ujian dimulai…truuss ke fotocopyan terdekat(kadang dilakukan malam sebelum ujian ato pagi2 sebelom ke kampus)mengeluarkan semua handout pinjeman dan…fotocopy diperkecil 50% maka jadilah primbon yang akan selalu menemani dan membuat seisi kelas tenang seakan sanggup menghadapi segala rintangan…you can try that…ahahahahaha.

  2. … yuuk mari kita ramaikan kelas D..sama seperti rei, dikampus saya posisi sudah ditentukan berdasarkan nomor urut. kalo dah mentok tapi males keluar, ya udah .. tidur ajah (OMG lagi ujian tidur?! hahaha)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s