Memulai Kembali

Saat saya masih kanak-kanak dulu saya suka merencanakan dan membayangkan masa depan saya. Dimana saya akan bersekolah, dimana saya akan tinggal, dimana saya akan bekerja, dengan siapa saya akan bermain, bahkan dengan siapa saya akan menikah, singkatnya saya sudah merencanakan hidup saya. Tanpa saya sadari ada yang terlewat, bahwa kadang rencana Tuhan bertentangan dengan rencana manusia.

Selama hidup saya yang mendekati 23 tahun ini tentunya sudah tidak terhitung berapa banyak pencapaian yang Tuhan izinkan untuk saya raih. Sangking banyaknya sampai rasanya kurang pantas saya menghitung dengan angka atau sekedar menyebutkan beberapa sehiggga yang lain akan merasa tidak dihargai sebagai pencapaian. Saat ini saya baru saja mengalami salah satu pencapaian yang sangat berarti dalam hidup saya, menyelesaikan pendidikan di fakultas Hukum sebuah Perguruan Tinggi Negeri. Pencapaian ini tentunya bukan sesuatu yang mudah,tak kurang dari 4 tahun saya harus berjuang menggeluti mata kuliah demi mata kuliah di bidang yang sebenarnya tidak saya minati. Yup, bukan rahasia lagi semua orang yang mengenal saya pasti tahu bahwa gelar sarjana yang saya miliki sekarang bukanlah bersal dari jurusan yang sebenarnya saya ingini (seperti yang saya bilang “terkadang rencana Tuhan bertentangan dengan rencana manusia”), dan untuk pencapaian dan keberhasilan menyelesaikan perjuangan 4 tahun itu tentunya saya sangat berterimakasih pada semua entitas berwujud dan tak berwujud yang turut berperan dalam hidup saya.

Seorang senior di kampus pernah berkata “jalani apa yang harus kau jalani dulu, nanti setelah itu terselesaikan usahakanlah apa yang kau inginkan” dan itulah yang ingin sekali saya lakukan sekarang setelah menyelesaikan kewajiban saya menuruti keinginan orangtua untuk menyelesaikan pendidikan di bidang yang tidak saya minati. Saya ingin kembali mengusahakan apa yang saya ingini.

Tapi tiba-tiba setelah 4 tahun, saya lupa apa yang saya ingini, saya lupa apa yang saya sukai. Konyol,tapi yah… *senyum miris*

Advertisements

2 thoughts on “Memulai Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s