iseng iseng tentang Hubungan

“…pernikahan adalah waktu yang terlalu lama untuk cinta…”, kalimat itu saya temukan di dialog salah satu karakter di novel Marriagable karya Riri Sardjono, dan yah…saya percaya dan setuju dengan kalimat itu, karena seperti kata Dewi Lestari “cinta, seperti juga hal lainnya di dunia…punya batas kadaluwarsa, dan mengutip sebuah lagu Enrique Iglesias “…Love, you never know the minute it ends…”.

Saya orang yang sangat percaya bahwa rasa yang tidak bisa didefinisikan seperti “cinta” itu benar-benar ada, tapi saya juga percaya rasa itu akan ada habisnya, dan sebuah ikatan sekuat “perkawinan” tidak akan bisa bertahan selamanya jika hanya mengandalkan cinta. Saya belum pernah menikah, tapi saya yakin ada banyak pasangan yang setelah belasan atau bahkan beberapa tahun menikah saja sudah tidak lagi menjadikan cinta sebagai alasan untuk tetap mempertahankan penikahan itu, ada keluarga besar, tanggungjawab, anak-anak, dan berbagai alasan lain.

Orangtua saya sudah menikah selama lebih dari 25 tahun. Meskipun tidak selalu mulus tanpa masalah dan “drama” sepertinya pernikahan mereka akan tetap bertahan (amen to that), dan guess what?mereka menikah bukan berdasar cinta. Kalau suatu saat saya menikah, pernikahan seperti itu yang saya bayangkan…mungkin tidak berdasar “cinta” tapi kemauan untuk bertahan dalam sebuah komitmen/ikatan bernama “pernikahan”, karena jelas menurut saya itu yang paling utama harus ada…USAHA.

Saya percaya cinta harus dibeli, dan dengan kalimat lain yang kurang lebih berpengertian sama calon pacar saya pernah bilang “aku percaya cinta, dan aku percaya sebuah hubungan harus diusahakan, dan usaha itulah yang akan menentukan seberapa kuat cinta dan seberapa lama hubungan itu akan bertahan”. Kalimat itu juga yang membuat saya yakin saya akan bisa kuat bertahan berada dalam sebuah hubungan serius dengan dia, karena saya tau dia bukan orang yang hanya akan diam dan menunggu “kejaiban cinta” datang dan menyatukan kami…tapi dia akan berusaha untuk mempertahankan saya dan hubungan yang kami jalani.

So, dear calon pacar yang sekarang sudah jadi pacar saya…jangan berhenti untuk berusaha mempertahankan saya dan hubungan kita…because i’ll do the same.

2 thoughts on “iseng iseng tentang Hubungan

  1. Lebih tepatnya sih karena cinta itu hanya salah satu bentuk emosi. Dan emosi itu bisa pudar. Jadi diperlukan usaha untuk tetap menjaga perasaan ituh… Gituh sih kalo menurut saya :D. -W-

Leave a Reply

