A Proud Nebulis

Hari ini sepertinya harinya nostalgia. Berawal dari display picture BBM saudara-saudara di Nebula yang berganti menjadi lambang Nebula Indonesia plus status-status ucapan selamat bertambah usia untuk Nebula Indonesia. Saat tiba di kantor dan membuka halaman facebook saya di komputer, benar saja, hari ini 27 Nopember adalah tanggal berdirinya Organisasi Mahasiswa Pecinta Lingkungan FH UNDIP yang sangat saya banggakan ini.
Nebula Indonesia (klik di sini untuk semua postingan saya tentang Nebula indonesia sejak blog ini dibuat), 25 tahun sejak pertama kali dicetuskan oleh para pendirinya. Iya, 25. Sudah tua ya? seumuranlah sama saya…hahahaha… Saya tidak bisa menuliskan kata-kata dan kalimat-kalimat indah yang tepat untuk menggambarkan arti Nebula Indonesia buat saya. Nebula Indonesia bukan hanya organisasi, bukan hanya tempat bersosialisasi. Sejak awal saya mengenalnya, Nebula Indonesia sudah seperti rumah buat saya. Rumah yang meskipun hanya bisa saya kunjungi sampai di pelatarannya saja (karena waktu itu belum jadi anggota resmi) tapi sudah membuat saya nyaman.
2006, saat saya pertama kali mendengar nama Nebula Indonesia. Mba’ Ririn (bukan kak Ririn si Kian Santang di postingan sebelumnya) dan mba’ Nurul senior di kampus lah yang pertama kali mengenalkan saya dengan Nebula di acara orientasi mahasiswa baru FH UNDIP waktu itu. Tidak lama kemudian saya mengenal mas Prast dan saudara-saudara lainnya yang meskipun kebanyakan berpenampilan sangar dan acak-acakan tapi pemikirannya sangat luas dan luar biasa. Tidak sampai sebulan saya sudah mulai akrab dengan mereka, kemudian nekat ikut Camping Fun gratis yang mereka adakan di pulau Panjang di Jepara. Di acara camping selama 2 malam itu saya berkenalan dengan kang Aris, salah satu “tetua” di Nebula Indonesia yang membagi cerita lebih dalam tentang Nebula Indonesia. Di situ, malam itu, di pulau Panjang, dengan ditemani api unggun dan suara deburan ombak serta disaksikan ribuan bintang yang bertaburan di langit yang cerah (hedeeeehhhhhh….apa sih inihhhhhh?) saya bertekad dalam hati “no matter what, I’ll join this awesome guys and be a part of Nebula Indonesia“. FYI, ada hampir 10 orang selain anggota Nebula Indonesia yang ikut dalam Camping Fun itu dan HANYA saya yang akhirnya berhasil menjadi NEBULIS (sebutan untuk anggota Nebula Indonesia).
Bukan perjalanan mudah yang pasti akan sangat panjang kalau saya tuliskan di blog ini sampai akhirnya saya bisa bergabung dan menjadi anggota resmi di Nebula Indonesia. Tapi semua itu tidak ada apa-apanya dibandingkan manfaat yang saya dapat dari Nebula Indonesia. Cerita, pengalaman, ilmu, pengetahuan, teman, saudara, keluarga, rumah…you name it lah…semua saya dapat di Nebula Indonesia. Dan di postingan kali ini saya ingin membagi sekelumit memori saya dengan Nebula Indonesia.

“siksaan” awal, pasukan 2006

seusai memanjat tebing berbatu di sisi air terjun untuk mendapatkan nomor anggota

cuma para Nebulis yang tau artinya kalau foto ini saya beri caption “one step closer”

1996 / 1997, kegiatan Nebula Indonesia belum se”rapi” dan terorganisir seperti sekarang

2001 / 2002, awal kebangkitan Nebula Indonesia setelah sempat tidak aktif selama beberapa tahun

2001 / 2002, pelantikan angkatan 2001 di puncak Merbabu, di sinilah atribut “slayer merah” mulai dikenakan dan disematkan saat pelantikan anggota

2001 / 2002, para “tetua” Nebula Indonesia. Paling kiri Kang Aris, paling kanan bang Malih (cuma itu yang saya kenal)

Dear adek-adek Nebulis sekarang,
Iya…Nebula Indonesia pernah punya pasukan sebanyak ini
bendera Nebula Indonesia pernah berkibar di puncak Rinjani 

“siksaan” awal yang selalu sama…

Diksar angkatan 2002

mas Joko, mas Angga, mas Kambing, mas Kiki, mas Lendra, mas Teddy
mba’ Nindya, mba’ Anti, nba’ Keke, mba’ Ella


suksesi 2003 / 2004


“tetua” yang masih selalu setia datang ke sekre dan mendampingi adik-adik Nebulis
Kang Aris……!!! 


Angga Prastasa a.k.a Bleki, salah satu tokoh Nebula Indonesia yang tersohor


Diksar angkatan 2005

suatu waktu di depan Sekre; 
mas Penjol, mas Prast, mas Teddy, mba’ Ririn, Niken, and me (di belakang)


Diksar angkatan 2007, waktu dimana “tragedi Raras” terjadi… hehehe…


suksesi 2008


oke, saya lupa ini acara apa… malam karantina Diksar angkatan 2009 sepertinya


Diksar angkatan 2010, sepertinya….


salah satu poster Nebula Indonesia

Ada terlalu banyak foto, cerita, dan adegan yang terekam di ingatan saya tentang Nebula Indonesia yang tidak bisa saya tampilkan semua di sini. Ada banyak pelajaran yang saya dapat. Pembentukan karakter. Keberanian. Tanggungjawab. Tidak berlebihan kalau saya bilang Nebula Indonesia berperan besar membentuk diri seorang MERINA ROSA yang sekarang. Dan tidak bisa saya ungkapkan betapa berterimakasih dan bersyukurnya saya untuk itu. 


sebagian pengurus Nebula Indonesia 2012 / 2013

Dirgahayu ke-25 NEBULA INDONESIA, semoga selalu dan semakin jaya. Nebula Indonesia…JAYA…!!! I’m so very proud to be a part of this GREAT FAMILY
so very PROUD to be Nebulis



ps : Terimakasih rekan-rekan pengurus yang masih setia menjaga Nebula Indonesia sampai sekarang

Leave a Reply

