Pulang

Sebagian besar pegawai dan karyawan di kantor tempat saya bekerja sekarang ini bukan orang Sambas asli. Mereka kebanyakan “perantau” dari Pontianak yang kos dan pulang ke rumah setiap akhir pekan. Seberapa jauh Sambas – Pontianak? well…sekitar 5-6 jam perjalanan (dengan kendaraan bermesin, bukan sepeda atau ngesot), kalau di Jawa mungkin seperti Semarang – Surabaya lah kira-kira.
Kadang saya tidak mengerti bagaimana mereka mau-maunya dan rela-relanya menghabiskan waktu dan tenaga untuk perjalanan sepanjang itu SETIAP akhir pekan. Bahkan tidak hanya sekali dalam sepekan…. Beberapa teman bahkan rela untuk melakukan perjalanan dengan jadwal : Jumat pulang ke Pontianak, Senin kembali ke Sambas, Selasa pulang ke Pontianak, Kamis ke Sambas, Jumat pulang ke Pontianak, Senin kembali ke Sambas. Perjalanan dengan skenario semacam itu biasanya dilakukan kalau ada hari libur “kejepit” macam libur tahun baru kali ini. Maksud saya…emangnya ga capek bolak-balik macam itu?.
Sampai kemudian perhatian saya terpaku pada satu kata, “pulang”.
Dan saya teringat bagaimana saya ketika setelah 6 bulan merantau akhirnya bisa juga merasakan pulang dan bertemu keluarga. 6 jam perjalanan darat Sambas – Pontianak, tambahkan dengan waktu menunggu pesawat yang delay, tambahkan dengan waktu penerbangan Pontianak – Jakarta, tambahkan dengan waktu transit di Jakarta, tambahkan dengan waktu penerbangan Jakarta – Semarang, tambahkan dengan waktu perjalanan Semarang – Kendal. Jam 2 dini hari saat saya meninggalkan Sambas dan jam 10 malam saat saya akhirnya bisa tiba di rumah, total 20 jam saya habiskan untuk perjalanan pulang. 20 jam tanpa mandi. 20 jam dan badan saya masih kuat untuk langsung dilanjutkan dengan sesi obrolan akrab bersama orangtua dan saudara-saudara saya sampai jam 3 dini hari.
Sekarang saya tau bagaimana “pulang” bisa jadi suplemen yang membuat ketahanan tubuh meningkat berkali-kali lipat.
Selamat pulang bagi mereka yang “merayakan”, selamat menikmati waktu berharga bersama orang-orang tersayang. Dan bagi kita yang belum bisa (sering-sering) pulang, semoga senantiasa diberi kekuatan. Amin ^_^
Leave a Reply

