Tipuan Zodiak

Aku tuh emang sifatnya kaya’ gini, kamu harus nerima aku apa adanya” adalah alasan yang dibuat-buat oleh orang yang terlalu malas mengubah dirinya menjadi orang yang lebih baik.

I used to be that person. Dulu setiap kali berantem sama Alumni atau debat apa pun, ga pernah mau ngalah. “Kamu tuh keras kepala banget sih!”, keluh Alumni suatu hari. “Aku tuh orang Taurus Be, keras kepala emang udah sifatku. Kamu harus mau nerima aku apa adanya”, dan si Alumni cuma geleng-geleng kepala aja mendengar jawabanku itu. “Aku tuh ga percaya sama zodiak. Salah satunya karena ini. Zodiak atau Golongan Darah atau apa pun yang katanya bisa dibuat sebagai media membaca sifat seseorang punya kemampuan membuat orang tersugesti dan percaya bahwa dia memang sifatnya seperti itu dan akhirnya orang itu pasrah, tidak mau berubah bahkan meski pun berubah untuk menjadi orang yang lebih baik. Zodiak bisamembuat se seorang menjadi kerdil, ga berkembang menjadi orang yang lebih baik” lanjut si Alumni. Dan aku cuma diam. Dalam hati mulai membenarkan kata-kata si Alumni.

Dan semakin aku pikirin, ternyata emang benar sih yah. Kebanyakan sifat yang aku percayai adalah sifatku sejak lahir, ternyata tidak lebih dari sekedar “tipuan” zodiak.

Seberapa sering aku menjadi keras kepala dan tidak mau mengalah hanya karena “Taurus emang orangnya gitu, keras kepala”?. Faktanya menjadi keras kepala bukan sifat Taurus. Keras kepala bisa jadi sifat orang dengan zodiak apa pun karena berbagai alasan. Mungkin dia memang yakin dia benar. Mungkin dia merasa dia benar. Mungkin dia terlalu malu untuk mengakui dia tidak benar. Bisa siapa saja. Bisa zodiak apa saja. Bisa karena alasan apa saja.

Seberapa sering aku menunda ketika Ibu nyuruh aku beresin kamar hanya karena “Taurus tuh orangnya kalau semakin disuruh semakin ga mau”?. Faktanya, “semakin disuruh semakin ga mau” bukan sifat Taurus. Ini cuma “sifat” orang pemalas yang merasa dirinya terlalu “tinggi” untuk menerima perintah, meskipun perintah itu baik dan tidak salah. Bisa jadi sifat siapa saja. Zodiak apa saja.

Seberapa sering aku jengkel saat si Alumni ngomong pake’ teriak-teriak (si Alumni emang kadang ngomongnya nadanya keras dan suka “ga sengaja” banting-banting pintu lemari which I hate, tapi pas aku kasih tahu akhirnya dia ngerti sih dan minta maaf dan ga bersikeras “this is who I am, you gotta take me as I am”, thank God!) hanya karena “Taurus tuh orangnya ga bisa dikasarin. Semakin dikasarin semakin keras kepala dia, yang bisa menaklukkan orang Taurus tuh cuma lelembut kelembutan”?. Faktanya, bukan cuma Taurus. Zodiak apa pun. Siapa pun. Pasti tidak suka diperlakukan dengan kasar kecuali orang dengan masalah kejiwaan tertentu. Siapa saja. Zodiak apa saja. Pasti ingin diperlakukan dengan lembut. Pasti suka dan akan luluh kalau diajak bicara baik, diminta melakukan sesuatu dengan baik-baik.

Jadi sebenarnya bukan zodiaknya, tapi orangnya.

Right?

 ***

No, don’t get me wrong… Aku juga masih follow akun zodiak kok di Twitter, masih sering retweet twit mereka juga, mostly kalo mereka nyebut sifat yang baik-baik. Sebagai sugesti. Sugesti untuk jadi orang baik hahahahaha….

Leave a Reply

