Perempuan yang Gemar Menggali Ingatan

Berkali-kali dia sudah berjanji, tidak akan membiarkan kenangan mengganggu hidupnya lagi. Berkali-kali juga dia mengingkari. Berkali-kali dia berjuang, berkali-kali dia harus kalah. Mungkin ini adalah yang memang harus dia tuai akibat kesukaannya menimbun kenangan di masa lalu, akunya pada akhirnya. Kenangan yang sudah dia timbun harus dia gali juga pada akhirnya.

Sesuatu “menyerobok” indera penciumannya malam ini. Aroma parfum orang yang pernah dia sebut “kekasih”.

Dan dia tiba-tiba ingat kenapa dia (semakin) tidak suka berada di keramaian (belakangan ini). Keramaian berarti memperbesar angka probabilitas untuk dia bertemu sesuatu yang mengingatkannya pada orang itu.

Aroma parfum yang menempel di tubuh orang yang bahkan tidak dia kenal. Lorong-lorong supermarket yang mengingatkannya pada kebiasaan mereka berbelanja berdua sekaligus “tempat kencan favorit” mereka. Jejeran-jejeran furniture yang sedang dipamerkan dan pernah membuat mereka berani bermimpi “nanti di rumah kita ada ini ya…“. Lirik “…bila di depan nanti banyak godaan untuk kisah cinta kita, jangan cepat menyerah..kau punya aku, ku punya kamu, selamanya akan begitu…“.

Satu tarikan nafas panjang. “Sudah. Jangan diteruskan. Sesuatu yang ditimbun tidak selamanya harus kembali digali. Biarkan aroma ini melewati hidungmu, biarkan pemandangan lorong ini melewati matamu, biarkan lirik ini melewati telingamu. Biarkan lewat, biarkan berlalu, tidak perlu disimpan dalam hatimu. Bebaskan ruang di hatimu untuk sesuatu yang baru“, bisiknya pada dirinya sendiri.

Satu hembusan nafas tegas, dan senyum mengembang di bibirnya, “malam ini terlalu indah untuk dilalui dengan menggali kenangan”

^_^

(Pontianak, 031215 10:11 PM)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s