Tampar (-tampar Pisang #halllaaaah)

Meskipun menguasai beberapa ilmu bela diri dan tenaga dalam, Bapak saya bukan orang yang suka melakukan kekerasan fisik. Tapi malam itu beliau menampar pipi saya dengan sangat keras. Perihnya membuat saya meringis. Pun si adik yang berdiri di sebelah saya, sekilas saya sempat melirik dan melihat dia juga tengah merasakan kesakitan yang sama.

Meskipun menguasai beberapa ilmu bela dirj dan tenaga dalam, Bapak saya bukan orang yang suka melakukan kekerasan fisik. Tapi malam itu beliau menampar dengan keras saya dan adik saya. Alasannya? Saya dan adik saya bertengkar.

Saya bahkan lupa apa alasan kami bertengkar. Pasti sepele. Pertengkaran antar saudara yang entah sedang memperebutkan apa. Yang saya ingat malam itu kami bertengkar, saya berteriak dan adik saya membanting pintu kamar sambil menangis. Sesaat kemudian Bapak datang ke kamar kami dan “plak! plak!”, tanpa basa basi Bapak melayangkan tangannya dengan keras ke pipi kami masing-masing. Setelahnya beliau mengucapkan kalimat yang belum saya lupa (dan semoga tidak akan pernah lupa), “saudara itu seharusnya saling jaga. Kalau sama saudara sendiri saja berantem, bagaimana Bapak bisa percaya kalian bisa baik sama orang lain yang bukan saudara. Bapak ndak mau anak-anak Bapak jadi orang jahat”. Setelah itu, meski masih saling cemberut…saya dan adik saya terpaksa bersalaman, sambil masih merenungkan kalimat Bapak dan perih yang masih terasa di pipi.

Setelah malam itu? Well, kami masih bertengkar beberapa kali. Meskipun tidak terlalu hebat sampai menangis atau membanting pintu. Mungkin kami yang sudah bertumbuh semakin dewasa, mungkin kata-kata Bapak malam itu benar-benar meresap di benak dan hati kami, mungkin setelah hidup terpisah jauh dan hanya bertemu beberapa kali dalam setahun kami jadi lebih saling menghargai keberadaan satu sama lain, atau mungkin kami merasa cukup dan hanya tidak ingin merasakan tamparan Bapak lagi. Apa pun, yang pasti kami tahu kata-kata Bapak malam itu benar “saudara itu saling jaga” ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s