Memberi Makan PMS

Ini bukan kali pertama Rei cerita tentang lagu Batak, jadi udah tidak heranlah ya klean semua kalo Rei ini telinganya sudah tidak asing sama lagu-lagu Batak? (klik di sini untuk cerita lagu Batak Rei lainnya)

Nah seharian tadi ceritanya seperti biasa dengerin lagu-lagu Batak dan entah bagaimana sampailah nemu satu lagu yang sedih banget. Judulnya Aut Boi Nian. Bagaimana saya tahu ini lagu sedih? Well, awalnya sih dari musik dan nadanya saja sudah berasa sedih sih… Tapi tentu saja saya tidak mau kalau-kalau saya terjebak dengan lagu yang nadanya sedih tapi ternyata liriknya bercerita tentang curahan hati seseorang yang sedang merindukan tahu baso (oh believe me, lagu tentang tahu baso ini beneran ada), maka saya cari tahu donk arti dari lagu ini dan benar saja…lagu sedih. Lagu patah hati.

Jadi kalo dalam bahasa Indonesia, Aut Boi Nian ini mungkin bisa diartikan ‘andai saja‘. Awalnya sih seperti lagu gombal yah (walau pun level kegombalannya masih di bawah Alusi Au), ‘kalau saja bisa kulakukan, akan ku petik bulan untukmu sayangku agar bahagia hatimu‘. Tapi ternyata…lagu ini bercerita tentang cinta yang tak jadi, cinta yang tak sampai, dua orang yang saling mencinta tapi tak bisa bersatu. Alasannya? Klasik… Karena beda status sosial. Sebesar-besarnya tekadnya untuk membahagiakan kekasih yang dicintainya, untuk menjadi orang yang pantas mendampingi kekasih yang dicintainya, tetap saja dia tidak bisa… Tetap mereka harus berpisah, dan tinggalah rasa sakit di hati yang tidak kunjung pergi. Hansit nai (sakit sekali) dangol nai (perih sekali) sitaononhon (yang ku rasakan). Alani holonghi tu ho (karena sesungguhnya rasa cintaku hanya untukmu) *insert efek suara hati patah dan hancur berkeping-keping di sini*

Dan hati saya ikut remuk rasanya… hansit nai, dangol nai.

Lagu sedih dipadu dengan suasana sore yang mendung dan sedang menjalani masa-masa PMS (udah pernah curhat tentang PMS di sini)…ditambah dengan yah I simply have a soft spot untuk kisah dua orang yang saling mencinta tapi tidak bisa bersama…jadilah yah ga ilang-ilang sedihnya sampe hampir tengah malam gini pun sampe tak bisa tidur *update pagi: dan akhirnya baru bisa tidur selepas tengah malam*.

Anyway, Aut Boi Nian ini sebenarnya lagu lama yang dinyanyikan oleh Amigos Band (Bukan, bukan band Amigos yang ada Pedro dan Ana dan Santiago dan kawan-kawannya, bukan…) yang kemudian diaransemen ulang oleh Viky Sianipar sebagai original soundtrack film Toba Dreams (diperankan oleh Vino G. Bastian, Marsha Timothy, Mathias Muchus, Jajang C. Noer) yang diangkat dari novel berjudul sama karangan TB Silalahi. saya belum pernah nonton filmnya atau baca novelnya sih…jadi belum tahu apakah filmnya sesedih lagu Aut Boi Nian ini atau tidak. Nanti deh update info kalau sudah nonton. Sementara itu saya akan menikmati saja masa-masa PMS saya sambil bersedih-sedih meratapi lagu ini.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s