Menabung Kebaikan

Aku balik ke Rumahsakit ya, ada koas sakit parah perlu opname, mungkin aku bisa bantu supaya cepat dapat kamar“, katanya pada suatu sore berbulan-bulan yang lalu. “Keluarganya jauh dan aku membayangkan kalo itu kamu yang sakit parah di Sambas jauh dari keluarga, aku sangat berharap ada orang yang juga membantu kamu“, lanjutnya

Saya tersenyum

Dia mengingatkan saya pada Bapak. Pada Ibu. Pada rumah. Pada nilai yang keluarga saya percayai selama ini, kebaikan yang kita lakukan untuk orang lain pasti akan kembali kepada kita. Mungkin tidak segera, mungkin tidak dalam wujud sama, mungkin tidak langsung kepada kita, tapi pasti kembali kepada kita

Berbuat baik untuk orang lain itu tidak akan merugikan. Tapi, kalau hatimu belum bisa cukup ikhlas melakukan kebaikan untuk orang lain, bayangkan saja kamu melakukannya untuk orang yang kamu sayang. Bayangkan kakek tua yang kesulitan menyeberang jalan adalah kakekmu, bayangkan Ibu hamil yang harus berdiri di bus karena tidak kebagian tempat duduk adalah kakak perempuanmu, bayangkan anak kecil yang sedang menangis karena kehilangan Ibunya di mall yang ramai adalah keponakanmu. Kalau itu terjadi pada mereka…kamu pasti berharap ada orang yang datang menolong. Menabung kebaikan. Menolong kakek orang lain, kakak orang lain, keponakan orang lain, orang-orang kesayangan orang lain, kalau Tuhan berkenan akan Tuhan sediakan orang lain untuk menolong tidak hanya kamu, tapi juga orang-orang yang kamu sayang kapan pun mereka membutuhkan“, begitu selalu yang dipesankan dan dicontohkan di keluarga kami

Dan hari itu saya tau dia juga mempercayai nilai kebaikan yang sama. Saya tau dia tidak akan pernah mencurigai niat baik saya kepada siapa pun, saya tau saya tidak perlu mencurigai perbuatan baik dia kepada siapa pun ^_^

Leave a Reply

