Tetangga Kanan dan Tiramisu Kesukaannya

tiramisu (n) makanan penutup khas Italia berupa kue yang terbuat dari biskuit, keju, dan kopi dengan taburan bubuk kakao di atasnya

Kata orang, ada banyak cara berbahagia. Kata orang, bahagia itu sederhana.

Bagi dia salah satu kebahagiaannya adalah Tiramisu. Sesederhana itu.

Pernah sekali kacamatanya hilang entah kemana dan seharian itu kepalanya pusing tak terkira. Di tengah keluh kesakitan dan kepanikannya mencari kacamatanya yang hilang, seorang pelayan di kafe tempat kami janji bertemu datang menghidangkan sepiring kecil berisi Tiramisu di hadapannya. Mendadak dia diam. Mendadak matanya berbinar seperti bocah yang baru saja dibelikan mainan yang sudah lama dia idamkan. Mendadak wajahnya memancar bahagia. Tak ada lagi sakit kepala, tak ada lagi gerutu kekesalan perkara kacamata yang entah ada di mana. Sesendok kecil kue bertekstur sangat lembut dan bertabur cokelat bubuk itu disuapkannya ke dalam mulut. Matanya terpejam menandakan konsentrasi yang terpusat penuh pada rasa yang sedang mencumbu indra pengecapnya. Senyumnya mengembang. “Tiramisu ini ennnaaakkk sekali“, ucapnya dengan penekanan pada kata ‘enak’ sambil matanya kembali terpejam, kali ini menandakan derajat kelezatan nyaris sempurna yang baru saja dia nikmati.

Aku diam, tak berani berkomentar. Aku hanya tersenyum, tak berani mengganggu perjamuan nan agung yang sedang berlangsung dengan khidmat di hadapanku. Aku hanya menatapnya, memperhatikan tangannya menyuapkan sendok demi sendok ke dalam mulutnya yang tak henti tersenyum setiap kali potongan Tiramisu menyentuh lidahnya. Diam-diam aku berharap semoga tak pernah habis Tiramisu di hadapannya. Diam-diam aku berdoa semoga tak pernah hilang senyum di bibirnya, semoga tak pernah usai bahagia di hatinya. Diam-diam aku berjanji kalau perlu akan kubelanjakan setiap rupiah yang aku punya untuk membeli semua Tiramisu yang ada di seluruh dunia kalau memang itu bisa membuat dia selalu tersenyum dan bahagia.

Kalau saja hanya itu yang dia perlukan untuk selalu bahagia…

(Sambas, 120617 11:44 PM)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s